Langsung ke konten utama

Instalasi Printer dengan driver yang di-support Windows XP

Materi PC Peripheral  TKJ / Kelas X

Pada tulisan ini akan dibahas instalasi printer menggunakan driver yang di-support oleh OS Windows XP, artinya kita meng-install jenis printer yang driver-nya sudah ada atau disediakan oleh Windows XP. Daftar lengkap printer yang di-support oleh Windows XP dapat dilihat di http://support.microsoft.com/kb/293360
Instalasi mode ini relatif sederhana dan mudah dilakukan, karena tidak membutuhkan CD driver tambahan yang disediakan oleh vendor / pabrik pada saat kita membeli printer. Jenis printer yang dapat diinstalasi dengan mode ini umumnya jenis printer model lama. Kekurangan yang lain yaitu interface / front-end yang disuguhkan relatif sederhana dan minim setting untuk pengguna.
Tahapan instalasi berikut dilakukan pada komputer stand-alone, atau komputer yang berdiri sendiri, tidak terhubung ke jaringan. Sehingga printer yang digunakan dapat disebut printer lokal (local printer).
 

Tahap Instalasi Hardware

Setelah tahap persiapan dilakukan (pemeriksaan fisik, kelengkapan, ketersediaan port, dsb) maka tahapan instalasi dapat dilanjutkan dengan instalasi hardware. Secara ringkas, instalasi hardware adalah menghubungkan printer dengan komputer dan printer dengan sumber daya ( catu PLN).
Tahapan fisik dapat dikatakan selesai atau berhasil apa bila
  1. pada saat kita menekan tombol power printer dapat menyala dan melukan inisialisasi awal (terdengar suara pergerakan katrit maupun mekanisme yang lain).
  2. Komputer Windows XP merespon adanya hardware baru yang terpasang, misalnya dengan munculnya tampilan update hardware wizard, seperti pada gambar 1.

Gambar 1 Update Hardware Wizard

Langkah instalasi printer secara hardware adalah sebagai berikut :

  1. Diagram penyambungan printer dengan komputer dan sumber daya PLN adalah seperti gambar 2 berikut.
    Tips : Pastikan kabel tertancap dengan benar, port sesuai dan tidak bergoyang.

    Gambar 2 Diagram Penyambungan Printer ke PC
  2. Tekan tombol power pada printer untuk memastikan kabel power tertancap sempurna. Tunggu beberapa saat hingga printer melakukan inisialisasi.
  3. Hidupkan PC, tunggu sampai PC siap dan pastikan windows menampilkan pesan “hardware update wizard” seperti pada gambar 1.

Instalasi Printer dengan driver yang didukung OS Windows

Pada langkah kerja kali ini sebagai contoh akan dilakukan instalasi printer Epson jenis LX-300+. Langkah – langkah instalasi printer adalah sebagai berikut :
  1. Buka Control Panel, klik start > control panel


  1. Double klik Printers and Other Hardware Icon atau  Printer and Faxes pada mode classic view.



  1. Klik  Add printe dari Pick a task … atau ikon Printer and Faxes untuk melanjutkan instalasi printer,  printer installation.
Jika kita memilih ikon Printer and Faxes, lanjutkan dengan meng-klik pada bagian kiri atas Printer Tasks dan pada dialog Add Printer.
  1. Muncul dialog Add Printer Wizard, klik Next.



  1. Muncul dialog berikutnya Local or Network Printer, pilih Local Printer attected … klik Next.



  1. Pada dialog berikutnya pilih port sesuai dengan yan digunakan : LPT (paralel) atau USB.



  1. Pada dialog Install Printer Software, pada Manufacture pilih Epson, sedangkan pada Printers pillih LX-300+.



  1. Biarkan printer name seperti yang disarankan, atau ubah sesuai dengan selera anda. Apabila printer ini akan anda gunakan sebagai printer utama, pilihlah default printer.



  1. Tentukan apakah printer akan anda sharing (dapat digunakan komputer lain dalam jaringan) atau tidak pada dialog Printer Sharing. Apabila printer hendak di-sharing ke jaringan, tentukan nama printer yang akan muncul pada komputer lain.



  1. Pada dialog Prin Test Page, pilih yes apabila anda ingin mencetak test page sebagai tanda bahwa instalasi telah berhasil. Atau pilih tidak jika tidak ingin mencetak test page.



  1. Wizard instalasi selesai, klik finish untuk mengakhiri. Setalah tahap ini, sistem secara otomatis akan meng-copy-kan file – file driver yang dibutuhkan.



  1. Periksa kembali pada Printer and Faxes untuk memastikan hasil instalasi driver / software. Lakukan pengaturan lanjutan dengan meng-klik kanan > properties pada printer yang dimaksud.

Pemeriksaan Hasil instalasi

Pemeriksaan hasil instalasi adalah langkah yang dimaksudkan untuk melukan pemeriksaan / test setelah melakukan instalasi hardware maupun driver / software. Langkah ini dilakukan dengan cara :
  1. Memastikan nama printer yang di-install nampak pada Printer and Faxes
  2. Memastikan dan mencoba printer dapat mencetak test page
  3. Memastikan printer dikenali oleh salah satu program yang memutuhkan printer (aplikasi office, desain, reader, dsb)
  4. Mencoba mencetak dokumen hasil salah satu program aplikasi.
 

Penugasan :

  1. Sebutkan kelebihan dan kekurangan instalasi printer menggunakan driver yang disediakan windows XP!
  2. Apa fungsi opsi use default pada proses instalasi printer?
  3. Buatlah prosedur singkat langkah instalasi printer dengan driver bawaan windows XP!
  4. Apa yang anda ketahui tentang printer sharing?
  5. Sebutkan hal – hal yang menjadi tanda / indikator bahwa instalasi printer telah berhasil dilaksanakan.
 
Reference :
http://support.microsoft.com/kb/293378
http://www.onlinehowto.net/installing-printer-in-windows-xp/715
http://www.microsoft.com/resources/documentation/windows/xp/all/proddocs
http://files.support.epson.com/




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perhitungan Daya Ruang TIK

Ilustrasi Ruan TIK Bermula dari kenyataan bahwa ruang pembelajaran di sekolah, khususnya di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang yang banyak membutuhkan peralatan TIK dalam melaksanakan kegiatan pembelajarannya, maka penulis melakuan pengukuran terhadap beberapa peralatan TIK yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan daya suatu ruangan yang menggunakan peralatan TIK. Pengukuran arus dilakukan dengan tang ampere MT-87B. Setelah arus yang mengalir ke peralatan dapat diketahui, maka daya nyata dapat dihitung berdasarkan hasil pengukuran tersebut, dan bukan berdasarkan spesifikasi daya yang tertulis pada perlatan. Rumus daya sesaat untuk arus bolak balik / AC dapat dicari dengan rumus seperti daya tegangan DC, P = V x I Tabel Hasil Pengukuran Tabel pengukuran arus beberapa peralatan TIK adalah sebagai berikut: No. Jenis peralatan Spesifikasi Arus terukur Daya 1. PC H81/G3240/4G/320GB/Samsung 15,6” 0.27

Komponen Elektronika pada Rangkaian Komputer (part 1 of 2)

Bagian 1 : Komponen Pasif Perangkat komputer yang digunakan saat ini merupakan komputer generasi ke 4 yang dapat dikatakan sebagai perangkat elektronika. Hanya hardisk dan CD/DVD rom yang di dalamnya masih terdapat mekanisme mekanik, namun kedua perangkat tersebut tetap dikatakan sebagai perangkat elektronik. Perangkat elektronika mengolah sinyal – sinyal melalui rangkaian – rangkaian elektronik yang bekerja secara bersama / terintegrasi dalam suatu sistem. Satu rangkaian / sistem komputer seperti kita ketahui tersusun dari banyak rangkaian pendukung / penyusun. Rangkaian ini dapat berupa rangkaian yang terintegrasi atau menyatu pada motherboard (on-board) maupun rangkaian yang dapat dipasang terpisah, card – card atau perangkat eksternal. Satu rangkaian dengan fungsi tertentu dapat tersusun dari satu atau lebih rangkaian dasar. Rangkaian – rangkaian tersebut tersusun atas kom

Dasar teknik instalasi listrik untuk teknisi komputer – bagian 1

Oleh : Setiyo Budi Tidak dapat dipungkiri bahwa komputer adalah sebuah perlatan listrik yang membutuhkan sumber daya yang sesuai agar dapat beroperasi dengan baik / maksimal. Salah satu syarat agar daya listrik dari sumber (PLN) dapat mengoperasikan komputer dengan baik maka diperlukan prosedur pengkabelan atau instalasi kabel yang sesuai dengan standar. Simbol – simbol listrik Sebelum melakukan instalasi kelistrikan pada suatu ruang atau laboratorium komputer, maka yang pertama perlu dilakukan adalah melakukan perancangan pengkabelan pada ruang tersebut. Manfaat perencanaan ini diantaranya adalah untuk pengembangan dan troubleshooting di kemudian hari. Perancangan dilakukan dengan menggambar diagram skematik yang menggambarkan semua peralatan yang akan dihubungkan. Untuk itu perlu diketahui simbol – simbol kelistrikan yang digunakan untuk keperluan tersebut. Diagram skematik adal