Ilustrasi Ruan TIK |
Bermula dari kenyataan bahwa ruang pembelajaran di sekolah, khususnya di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang yang banyak membutuhkan peralatan TIK dalam melaksanakan kegiatan pembelajarannya, maka penulis melakuan pengukuran terhadap beberapa peralatan TIK yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan daya suatu ruangan yang menggunakan peralatan TIK.
Pengukuran arus dilakukan dengan tang ampere MT-87B. Setelah arus yang mengalir ke peralatan dapat diketahui, maka daya nyata dapat dihitung berdasarkan hasil pengukuran tersebut, dan bukan berdasarkan spesifikasi daya yang tertulis pada perlatan. Rumus daya sesaat untuk arus bolak balik / AC dapat dicari dengan rumus seperti daya tegangan DC, P = V x I
Pengukuran arus dilakukan dengan tang ampere MT-87B. Setelah arus yang mengalir ke peralatan dapat diketahui, maka daya nyata dapat dihitung berdasarkan hasil pengukuran tersebut, dan bukan berdasarkan spesifikasi daya yang tertulis pada perlatan. Rumus daya sesaat untuk arus bolak balik / AC dapat dicari dengan rumus seperti daya tegangan DC, P = V x I
Tabel Hasil Pengukuran
Tabel pengukuran arus beberapa peralatan TIK adalah sebagai berikut:
No. Jenis peralatan Spesifikasi Arus terukur Daya
1. PC H81/G3240/4G/320GB/Samsung 15,6” 0.27 59.4
2. PC Lenovo/C2D/2G/160G/Samsung 20” 0.77 154
3. Lampu LED Philips 9 Watt 0.01 2.2
4. LCD Benq MX505 0.97 213.4
5. LCD Viewsonic PJD5134 0.92 202.4
6. Laptop Dell Vostro Core2Duo 0.15 33
Semoga bermanfaat.
No. Jenis peralatan Spesifikasi Arus terukur Daya
1. PC H81/G3240/4G/320GB/Samsung 15,6” 0.27 59.4
2. PC Lenovo/C2D/2G/160G/Samsung 20” 0.77 154
3. Lampu LED Philips 9 Watt 0.01 2.2
4. LCD Benq MX505 0.97 213.4
5. LCD Viewsonic PJD5134 0.92 202.4
6. Laptop Dell Vostro Core2Duo 0.15 33
Contoh penerapan
Jika suatu ruang kelas direncanakan akan menggunakan 1 LCD, 4 lampu LED 9 Watt dan 1 laptop, maka konsumsi daya ruang tersebut sebesar 202.4 W + (4 x 2.2 W) + 33 W = 244.2 WattSemoga bermanfaat.
Komentar